BANTUAN LENGKAP UNTUK MOBIL ANDA

Browse over 25,000 topics. Get answers from expert mechanics.

6 Kerusakan Kaki-kaki Mobil dan Perbaikannya

Masalah kaki-kaki mobil sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Perhatikan hal berikut yang dengan mudah dapat Anda perbaiki.

Memiliki mobil sendiri tentu memiliki banyak pertimbangan benefit, mulai dari kenyamanan, efisiensi waktu, hingga aktivitas yang ditunjang dengan kepemilikan alat transportasi pribadi. Namun, perawatan dan perbaikan mobil menjadi hal yang perlu diperhitungkan, terutama jika mengganggu keamanan dan kenyamanan, apalagi jika kurang memperhatikan kondisi mobil.

Bukan hanya mesin, yang tak kalah vital peranannya adalah kaki-kaki mobil. bagian inilah yang mendapat tekanan paling besar dari mobil sehingga wajib diperiksa secara rutin. Sayangnya, tidak sedikit yang baru menyadari pentingnya pemeriksaan kaki-kaki mobil ketika mengalami kerusakan yang berdampak pada komponen lain.

Jika mobil Anda mengalami kendala pada kaki-kaki ataupun menunjukan gejala yang mengganggu seperti shockbreaker yang keras / mati, bunyi pada kaki-kaki, segeralah lakukan inspeksi dan perbaikan. Sejak tahun 2016, Montir.id telah dipercaya oleh lebih dari 45.000 pelanggan untuk memperbaiki mobilnya di rumah, kantor, apartemen ataupun di jalanan jika darurat.

 

Jasa Perbaikan Kaki-Kaki >>

 

Yuk, intip 6 kerusakan yang bisa terjadi pada kaki-kaki mobil Anda!

 

Ball Joint

Ini adalah komponen fungsi mobil yang menjadi sumbu roda ketika mobil akan berbelok. Selain itu, ball joint juga menghubungkan knucle roda dengan sayap atau arm. Ball joint memang kerap terkena masalah karena kerjanya yang cukup berat, terutama jika sering digunakan untuk berkendara melewati jalanan yang tidak rata atau rusak. Biasanya akan muncul bunyi dan roda terasa bergoyang. Otomatis, getaran ini pun juga akan merambat hingga ke lingkar setir.

Jika ball joint mengalami kerusakan, biasanya camber juga akan berubah yang bisa terlihat dari kondisi ban. Untuk memastikannya, dongkrak mobil hingga ban dapat berputar bebas lalu letakkan kedua tangan di posisi atas dan bawahnya. Mulai gerakkan dengan cara menarik dan mendorongnya dan amati apabila menimbulkan bunyi atau terasa kendur. Segera ganti dengan yang baru untuk mengatasi kerusakan ball joint.

Shockbreaker

Berfungsi meredam guncangan saat mobil sedang melaju, komponen ini terbuat dai baja dan dibantu pegas untuk menopang berat mobil dan muatannya. Tapi jika muatan sering berlebihan, hal ini membuat daya tahan shockbreaker jadi berkurang, terutama ketika melaju kencang.

Jangan ambil risiko dan menunggu shockbreaker rusaka parah karena bukan hanya dapat mengganggu kenyamanan selama berkendara tapi juga dapat memicu kecelakaan karena sulit mengendalikan arah mobil dalam kondisi yang cukup ekstrem. Sebelum membawa mobil untuk service kaki-kaki mobil, amati dengan cara paling mudah yaitu dengan mendengarkan munculnya suara bising saat mobil tengah melaju. Selain itu, coba pacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan lurus. Jika mobil terasa limbung maka ada baiknya mengganti shockbreaker mobil secepatnya.

 

Bushing Arm

Bagian kaki-kaki mobil ini berperan sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda. Bushing arm ini sendiri berbentuk selongsong besi yang disokong oleh karet. Kaki-kaki mobil ini juga yang bertenggung jawab meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspense. Apabila sampai mengalami kerusakan, suara bising dan getaran yang muncul bisa bikin kenyamanan saat menaiki mobil jadi terganggu.

Untuk mendeteksi adanya kerusakan pada bushing arm, cara mudahnya adalah dengan mengamati arah laju mobil. jika melenceng kea rah kanan atau kiri tanpa menyentuh setir maka segera perbaiki bushing arm pada mobil Anda.

 

Bushing stabilizer

Punya cara kerja yang sama dengan bushing arm, komponen ini berada di link stabilizer yang menyeimbangkan antara suspense kanan dan kiri. Saat mengalami masalah, akan muncul bunyi berdecit saat mobil berjalan atau suara gemuruh ketika menginjak pedal rem. Cara lain untuk mendeteksi kerusakan pada bushing stabilizer adalah dengan mengendarai mobil berkecepatan sedang di jalanan lurus. Jika mobil terasa melenceng ke kanan dan kiri yang terasa sangat berat, bisa dipastikan perlu perbaikan kaki-kaki mobil ini.

 

Bearing

 

Salah satu bagian terpenting dari kaki-kaki mobil adalah bearing, yang bertugas menjadi bantalan di roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda. Bearing ini juga berpengaruh besar pada kestabilan laju mobil.

Untuk mendeteksi kerusakan kaki-kaki mobil ini, perhatikan putaran roda satu per satu. Dongkrak ban mobil satu per satu dan putar secara manual. Apabila terdengar suara bising, bearing mengalami kerusakan. Cara ampuh untuk mengatasinya adalah segera menggantinya dengan yang baru.

 

Tie Rod

 

Bagian kaki-kaki mobil lainnya yang sering mengalami kerusakan adalah tie rod. Punya gejala yang sama yaitu mobil dapat melenceng ke kanan dan kiri, hal ini disebabkan tie rod terhubung langsung dengan bagian setir mobil. Bukan hanya membuat kerja setir terganggu, kerusakan ini juga dapat memicu bunyi yang mengganggu saat kendaraan akan berbelok. Cara mendeteksinya sama dengan memeriksa kondisi ball joint namun kali ini disertai dengan bunyi yang cukup keras.

Jika kaki-kaki mobil mengalami kerusakan, tidak ada jalan lain selain membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Namun, hal ini akan merepotkan terutama pada Anda yang punya aktivitas padat dan tak punya banyak waktu untuk antri dan menunggu perbaikan hingga selesai.

Serahkan urusan mobil pada montir.id! Langsung mendapatkan respon yang cepat dan mudah, Anda cukup menunggu di rumah karena mekanik yang datang ke lokasi. Memberikan harga terbaik dan pelayanan yang memuaskan, ditambah dengan garansi servis 3 bulan. Yakin, tak mau memberikan servis terbaik untuk mobil Anda?

Jasa Perbaikan Kaki-Kaki >>