BANTUAN LENGKAP UNTUK MOBIL ANDA

Browse over 25,000 topics. Get answers from expert mechanics.

Ganti Aki Mobil Panggilan di Lokasi Anda

Penggantian aki mobil yang kurang tepat dapat merusak komponen, bahkan berbahaya bagi keselamatan diri Anda.

Aki mobil merupakan inti dari sebuah mobil yang fungsinya menyimpan sumber listrik untuk kebutuhan starter mobil maupun menyalakan komponen elektronik lainnya pada saat mesin mobil tidak menyala. Ada baiknya melakukan penggantian aki saat kondisinya sudah lemah, misalnya saat starter mobil terasa susah. Bisa juga kondisi aki yang sudah kosong alias mengalami penurunan daya yang signifikan hingga bolak-balik mengganggu aktivitas pengendara mobil. Jika tidak yakin bagaimana cara mengganti aki, ada baiknya memanfaatkan jasa pihak yang lebih berpengalaman dan terpercaya.

Salah satunya dengan menghubungi montir.id yang jual aki mobil dan siap membantu pasang aki di lokasi Anda. Selain memberikan respon cepat dan mudah, tak perlu repot membawa kendaraan ke bengkel dan mengantri. Di mana pun lokasi Anda seperti rumah, kantor, parkiran, dll, yang bisa diakses sepeda motor, kami siap melayani.

Platform Montir.id juga melayani tukar tambah aki mobil GS dengan harga mulai Rp 770.000 (Xenia, APV, Carry, Splash, Avanza, Starlet).

Karena mekanik montir.id yang cekatan dan profesional yang akan datang langsung ke lokasi. Tidak dipungut biaya pemasangan aki, anda juga akan mendapatkan garansi 6 bulan yang menjamin kualitas aki.

Sudah ribuan customer yang telah mempercayakan montir.id yang jual aki mobil dengan harga terjangkau, layanan servis cepat dan didukung mekanik yang teliti dan berpengalaman. Coba dan buktikan pelayanannya hari ini!

 

Ganti Aki Bergaransi di Lokasi Anda >>

 

Cara Ganti Aki Mobil Mudah dan Cepat

Baru saja akan melakukan rutinitas, aki mobil tiba-tiba bermasalah. Saat di-starter, mesin tak kunjung menyala, hasilnya aktivitas jadi terganggu dan bikin bad mood seharian apalagi jika ada kondisi penting maupun darurat. Gangguan pada mobil pribadi yang banyak dialami ini biasanya terkait dengan kondisi aki mobil yang mulai bermasalah.

Fungsi aki mirip dengan baterai dan punya peran penting dalam menyuplai listrik pada kendaraan. Seiring berjalannya waktu, performa aki mobil bisa menurun, apalagi jika ditambah perawatan yang kurang diperhatikan dan kebiasaan buruk yang dapat melemahkan daya tahan aki. Mulai dari jarang memanaskan mobil, menambah aksesoris mobil yang menyedot banyak tenaga, hingga menyalakan ac maupun musik dalam kondisi mesin mobil mati.

Kebanyakan pemilik mobil akan langsung ambil tindakan dengan ganti aki mobil yang baru. Tapi tidak banyak yang tahu jika urusan ganti aki mobil juga punya aturan main. Yuk, intip informasi selengkapnya berikut ini.

 

Kenali Tanda-tandanya

Sebelum memutuskan untuk ganti aki mobil, kenali dulu tanda-tanda performa aki yang mulai menurun. Salah satunya saat kendaraan sulit untuk dinyalakan. Biasanya satu atau dua kali starter mesin mobil langsung menyala, tapi jika butuh waktu lama dan pengulangan terus menerus baru bisa menyala, disarankan untuk segera cek kondisi aki.

Selain kesulitan untuk starter mobil, tanda lain aki mulai mengalami kerusakan adalah nyala lampu yang tidak seterang biasanya atau klakson yang melemah. Jika tanda-tanda tersebut mulai muncul, ingat dulu berapa lama aki tidak diganti.

Biasanya aki bawaan mobil mendapatkan garansi dari dealer mobil resmi selama 2 tahun atau 50.000 kilometer. Apabila mendekati waktu atau total perjalanan tersebut, bisa jadi aki memang perlu diganti.

Jangan lupa untuk mengecek indikator yang terdapat pada aki. Apabila terlihat warna merah, aki sudah mengalami kerusakan, sedangkan warna putih menandakan aki butuh charge dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

 

Jangan Asal Ganti Aki Mobil

Banyak yang meremehkan cara ganti aki mobil. Tampak sederhana karena hanya melepaskan pengikat pada kedua kutub dengan mengendurkan bautnya. Tapi, sedikit kesalahan saja dapat merusak sistem kelistrikan mobil.

Bahkan kecerobohan yang terjadi dapat berdampak pada engine control unit yang jadi otaku tama pada mobil yang mengadopsi teknologi injeksi. Disingkat menjadi ecu, beberapa fitur di mobil berisiko mengalami riset ulang dan justru mengalami eror hingga risiko korsleting.

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah memilih aki baru. Tidak masalah membeli merk aki yang berbeda, tapi tetap wajib mengikuti spesifikasi yang sama dengan standar pabrik pembutana mobil.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat deret angka spesifikasi yang terdapat di dus dan badan aki. Anda akan menemukan dimensi seperti panjang dan lebar, voltase, dan kapasitas aki.

 

Ganti Aki Mobil Sendiri

Jika ingin mencoba mengganti aki sendiri tanpa harus ke bengkel, ada beberapa langkah yang wajib diikuti. Pertama, pastikan kunci kontak dalam posisi off atau tercabut.

Lalu, diamkan sejenak untuk memastikan komponen kelistrikan sudah benar-benar mati dan menghindari kerusakan pada ECU (Electronic Control Unit). Agar lebih aman, lepaskan kabel negatif terlebih dahulu baru disusul dengan yang positif untuk mencegah munculnya percikan api.

Selain memperhatikan ukuran dan kapasitas aki mobil yang baru, jangan lupa untuk memperhatikan posisi kutubnya. Walau terbilang sepele, tapi dapat berpotensi merusak komponen kelistrikan dan ECU (Electronic Control Unit).

Apalagi jika sampai salah pasang. Dalam hitungan detik bisa bikin beberapa komponen kelistrikan rusak dan ECU (Electronic Control Unit) akan ngeblok.Pada beberapa mobil, khususnya buatan Eropa perlu melakukan reset ECU (Electronic Control Unit) usai melakukan penggantian aki.

 

Ganti Aki Bergaransi di Lokasi Anda >>

 

Biasanya, tanda ECU (Electronic Control Unit) perlu di-reset terlihat daru tidak berfungsinya power window dan central lock, takometer yang kurang tepat dan indikator cek engine yang menyala.