Ganti ABS Speed Sensor DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti ABS Speed Sensor

Tentang ganti ABS speed sensor:

ABS speed sensor adalah fitur keamanan untuk semua mobil. ABS speed sensor berfungsi untuk mendeteksi tingkat putaran roda dan melaporkan ke komputer mobil atau ECU. Informasi ini lalu digunakan ECU untuk mengatur tekanan rem saat rem diaplikasikan untuk mencegah terjadinya pengereman yang berlebihan atau rem mengepot. Secara singkatnya ABS Speed sensor inilah yang mengatur aliran minyak rem pada roda saat terjadi pengereman. Biasanya ABS speed sensor menempel pada roda atau poros roda dan sensor ini sangat berguna saat menyetir di dasar yang berair dan licin. ABS sensor akan membantu pengemudi untuk mengendalikan kendaraan saat terjadinya pengereman, tidak adanya ABS sensor dapat mengakibatkan kehilangan kendali pada roda. ABS sensor juga membaca bagian roda mana yang harus mendapatkan pengereman penuh atau tidak saat sedang melalui belokan.

 

Perlu diketahui:

  • Jika salah satu dari sensor ABS rusak, maka seluruh sistem ABS tidak akan berfungsi. Mekanik kami membawa alat diagnostic yang bisa memeriksa sensor ABS yang rusak.
  • Jika sensor ABS rusak, maka lampu peringatan ABS akan menyala di dashboard.
  • Sistem ABS yang rusak bisa menyebabkan roda mobil Anda terkunci pada saat mobil berjalan di jalan yang berair.
  • Jika lampu indikator ABS menyala tidak selalu berarti tanda bahaya. Kegagalan pada ABS atau malfungsi bisa menyebabkan lampu sensor menyala. Proses pengereman tetap akan berjalan tetapi tidak akan maksimal.
  • Pada umumnya sistem ABS ini hanya terdapat pada mobil lansiran tahun 2000 ke atas.

 

Tips dari kami:

ABS speed sensor biasanya jarang mengalami kerusakan. Namun, sebagai tindakan pencegahan pastikan ABS speed sensor Anda diperiksa setiap kali rem mobil diservis. Jika ada sensor ABS yang rusak, segeralah lakukan penggantian karena sistem ABS adalah fitur keselamatan yang sangat penting bagi Anda dan penumpang. Dengan adanya sensor ini, roda mobil Anda akan terlindungi dari penguncian saat berkendara di jalan yang licin.

Selain itu, Anda juga sebaiknya memeriksa bagian roda yang terkena karat. Ada kemungkinan lubang untuk speed sensor terkena karat dan mengakibatkan luka pada sensor ABS sehingga menimbulkan kerusakan. 

Kadang-kadang lampu ABS bisa menyala setelah Anda mengganti komponen tertentu pada mobil Anda. Untuk menghilangkan lampu ini, setir mobil anda pada kecepatan 60km/jam lalu lakukan pengereman. Lakukan langkah ini beberapa kali hingga lampu indikator ABS mati.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti ABS speed sensor:

  • Lampu indicator ABS menyala
  • Sistem diagnostic OBD akan menginformasikan bahwa ada sensor (jika lebih dari satu) yang rusak atau tidak berfungsi

 

Seberapa penting servis ini?

ABS speed sensor mencegah terjadinya penguncian rem dan setir pada saat Anda mengemudi. Jika ABS speed sensor Anda rusak, maka setir dan sistem pengereman Anda beresiko untuk terkunci di jalan yang licin dan berair. Akibatnya roda tidak dapat dikendalikan dan sangat berbahaya pada pengendara maupun penumpang. Pastikan sensor ABS anda berfungsi dengan baik agar Anda berkendara dengan sistem kontrol dan sensor rem yang aman.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS