Ganti Alternator Mobil DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Alternator Mobil

Tentang ganti alternator mobil:

Alternator adalah komponen yang berfungsi mengisi baterai mobil Anda. Saat Anda menggunakan komponen listrik di mobil Anda (stereo, lampu, dll), aki akan kehilangan daya. Pada saat ini, alternator akan mengisi kembali daya aki yang sudah hilang. Jika alternator bermasalah, mobil Anda hanya akan bisa berjalan selama aki masih punya daya didalamnya. Setelah daya aki habis, mobil Anda tidak akan bisa distarter. Biasanya, jika alternator rusak lampu peringatan aki akan menyala dan jika aki diukur dengan pengukur volt meter, hasil voltasenya akan rendah.

 

Perlu diketahui:

  • Sebelum melakukan penggantian alternator, mekanik kami akan memeriksa komponen lainnya yang berhubungan dengan alternator seperti aki dan kabel aki. Kedua komponen ini akan dicek tingkat voltasenya dan tingkat korosinya.
  • Untuk melakukan apakah alternator mobil Anda sedang bermasalah atau tidak, Anda dapat melakukan headlight test atau battery test. Hanya saja untuk headlight test harap dilakukan diluar ruangan untuk menghindari menumpuknya karbon dioksida jika Anda melakukannya di dalam ruangan.

 

Tips dari kami:

Setiap kali mobil Anda diservis, tegangan dan setrum dari aki harus diperiksa. Selain itu, kabel aki Anda juga harus dikencangkan dan dibersihkan dari korosi. Selain itu jika Anda ingin menggunakan mobil untuk perjalanan panjang atau jarak jauh, maka lakukanlah pengecekan alternator dan aki untuk menghindari mobil mati mendadak di tengah perjalanan. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah alternator berjalan dengan baik atau tidak adalah mengukur daya yang terdapat pada alternator. Jika tercatat daya yang dihasilkan dibawah 12 volt, maka alternator mobil Anda perlu diganti.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti alternator mobil:

  • Aki mobil mati dan tidak mempunyai setrum
  • Lampu peringatan aki menyala di dashboard
  • Lampu mobil redup
  • Komponen elektronik di dalam mobil tidak mau menyala seperti sound system, power windows dan power locks serta komponen elektronik lainnya
  • Mesin akan mati ketika kabel positif yang menempel pada aki di lepas. Penyebab kejadian ini adalah adanya reaksi api yang muncul dari alternator

 

Seberapa penting servis ini?

Alternator berfungsi untuk mengisi aki yang akan memberi daya ke perangkat elektronik mobil Anda seperti radio dan AC. Aki ini juga diperlukan untuk menghidupkan mobil Anda. Jika alternator rusak, maka daya aki mobil Anda tidak akan terisi ulang (recharge), dan akhirnya daya aki Anda akan habis. Jika ini terjadi mobil Anda tidak akan bisa distarter. Salah satu ciri-ciri kerusakan alternator adalah komponen elektrikal yang tidak bisa hidup walaupun mesin mobil Anda bisa dihidupkan. Hal ini biasanya mudah kelihatan bagi mobil keluaran baru yang menggunakan banyak komponen elektrikal. Jika hal ini terjadi kemungkinan besar alternator Anda bermasalah. Pastikan mobil Anda diperiksa secepatnya agar komponen-komponen elektrikal Anda bisa digunakan kembali seperti biasa.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS