Ganti Automatic Shutdown Relay DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Automatic Shutdown Relay

Tentang ganti automatic shutdown relay:

Automatic shutdown relay berfungsi untuk mengontrol arus listrik yang digunakan untuk mengoperasikan starter, pompa bahan bakar (fuel pump), injector, dan komponen lainnya. Relay ini hanya diaktifkan selama beberapa detik saat mobil distarter, dan kemudian langsung otomatis mati. Letak relay ini berbeda dari satu mobil ke yang lain, ada yang letaknya di bagian mesin, di bawah dashboard, atau di posisi lain. Automatic Shutdown Relay sering disingkat ASD dan karena fungsinya maka ASD seringkali dianggap menjadi salah satu bagian paling penting dari keseluruhan komponen mobil yang ada terutama dalam proses menghidupkan mesin mobil. Sebagai tambahan, automatic shutdown relay (ASD) ini juga menyuplai tenaga untuk baterai mobil sebesar 12 volt, begitupun pada relay element sensor heating oksigen dan sensor heater oksigen. Jika ECU mobil tidak mendeteksi daya sebesar 12 volt dari automatic shutdown relay, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada auto shutdown relay mobil Anda.

 

Perlu diketahui:

  • Automatic shutdown relay bukanlah komponen yang dicek saat servis rutin atau berkala. Komponen ini biasa baru diperiksa jika mobil Anda bermasalah saat distarter.
  • Automatic shutdown relay pada umumnya jarang sekali rusak. Tetapi kerusakannya akan menghambat penyaluran bahan bakar dan bunga api yang terkadang terjadi karena adanya kerusakan kabel
  • Gejala kerusakan pada Auto Shutdown Relay ini sangat mirip dengan gejala kerusakan yang ditimbulkan oleh camshaft dan juga crankshaft, sehingga dibutuhkan pendapat profesional untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi.
  • Kerusakan pada komponen mobil lainnya juga bisa menyebabkan mesin mobil Anda tidak bisa distarter.

 

Tips dari kami:

Automatic shutdown relay mobil Anda memastikan adanya pengiriman arus listrik pada komponen-komponen penting mobil saat distarter. Jika relay ini rusak, mobil Anda tidak akan bisa distarter dan mesin tidak akan hidup walaupun dijump start. Pada beberapa jenis mobil kerusakan pada auto shutdown relay membuat injector tidak berfungsi serta tidak menghasilkan bunga api. Dalam keadaan ini, mobil Anda harus segera didiagnosa dengan mekanik agar masalah mobil Anda bisa dipastikan.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti automatic shutdown relay:

  • Mesin tidak bisa distarter
  • Lampu cek engine menyala
  • Mesin langsung mati saat baru dihidupkan

 

Seberapa penting servis ini?

Jika automatic shutdown relay rusak, mobil Anda tidak akan bisa distarter dan kendaraan Anda tidak bisa bergerak. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis masalah di komponen lain yang bisa menyebabkan gejala yang sama, misalnya: kerusakan aki dan kerusakan kabel aki. Jika automatic shutdown relay Anda mati, penggantian harus cepat dilakukan agar mobil anda bisa beroperasi kembali.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS