Ganti Boot CV Joint DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Boot CV Joint

Tentang ganti boot CV joint:

CV Joint adalah komponen drive shaft yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari transmisi ke roda penggerak mobil. Di dalam CV joint terdapat pelumas yang memastikan CV joint bekerja dengan baik. CV joint ditutup dengan boot CV joint yang menjamin supaya grease pelumas tidak keluar dan kotoran tidak masuk ke dalam CV joint. Jika boot cv joint rusak maka grease akan bocor keluar dari CV joint, lalu air juga bisa masuk dan merusak drive shaft karena dapat menyebabkan karatan pada CV joint.

 

Perlu diketahui:

  • Boot CV joint sangat lemah terhadap udara yang lembap. Jika boot CV joint beroperasi pada udara yang lembab, maka komponen ini akan menjadi sangat cepat rusak.
  • Boot CV joint terbuat dari karet dan bersifat melindungi CV Joint dari kelembapan dan segala gangguan yang mungkin datang dari area luar
  • Boot CV joint juga sangat lemah terhadap air. Kelembapan merusak boot CV joint dan memungkinkan air masuk ke bagian CV joint.
  • Pada umumnya boot CV joint merupakan bagian dari komponen mobil yang tidak memerlukan pemeliharaan rutin karena bahannya yang terbuat dari plastik atau karet. Sehingga cukup tahan lama mengikuti semua pemakaian mobil. Tetapi sekali mengalami kerusakan dampaknya bisa menyebabkan komponen lain cepat mengalami kerusakan.
  • Terkadang terdapat kerusakan yang tidak terlihat pada boot CV joint, untuk itu mintalah mekanik profesional untuk melakukan inspeksi yang teliti terhadap komponen ini.

 

Tips dari kami:

Kondisi boot CV joint sebaiknya diperiksa setiap kali servis berkala untuk memastikan jika adanya kebocoran atau kerusakan pada boot CV joint. Jika terdapat kerusakan pada boot CV joint, segeralah lakukan penggantian dengan sparepart yang baru. Periksa juga apakah penggantian hanya diperlukan pada boot CV joint saja atau pada kasus terparah harus mengganti semua beserta komponen pada CV joint.

  

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti boot CV joint:

  • Suara gemerincing pada saat mobil sedang akselerasi atau saat mengerem dikarenakan CV joint yang tidak terlindungi lama kelamaan menjadi longgar
  • Terlihat grease atau gemuk bocor pada roda.
  • Getaran yang berasal dr CV Axle yang menjadi lembab karena kebocoran boot cv Joint

 

Seberapa penting servis ini?

Boot CV joint mempunyai peran penting dalam pengoperasian mobil Anda. Jika boot CV joint retak atau bocor, maka air bisa masuk dan merusak drive shaft. Karena sifat boot CV joint sebagai pelindung untuk CV joint dan porosnya, sehingga kerusakan sedikit saja dapat menghambat pengoperasian mobil. Maka, ktika hal ini terjadi, boot CV joint harus langsung diganti sebelum kerusakan bertambah parah. Selain itu, saat boot CV joint rusak, ada kemungkinan Anda perlu mengganti seluruh poros porosnya bukan hanya boot CV joint saja.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS