Ganti Coolant Temperature Sensor DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Coolant Temperature Sensor

Tentang ganti coolant temperature sensor:

Coolant temperature sensor sebuah sensor yang membaca temperatur coolant atau air radiator di dalam mesin. Coolant yang terletak didalam blok mesin serta cylinder head menyerap panas yang terjadi pada silinder ketika mesin sedang berjalan. Penyerapan panas inilah yang membuat mobil senantiasa dapat bergerak dan beroperasi seperti biasa tanpa panas berlebih. Dengan kata lain informasi temperatur panas ini dikirim ke ECU untuk mengontrol fungsi lain dari operasi mesin mobil seperti: mengaktifkan kipas pendingin mobil, mengontrol komposisi udara dan bahan bakar mesin. Sensor ini juga disebut coolant temperature sensor. Mobil modern sudah menerapkan sensor pada dashboard jika mobil mengalami kerusakan pada coolant temperature sensor. Hal ini membuat banyak para pengemudi lebih mudah memahami bagian kerusakan pada coolant sensor. Ditambah lagi karena fungsinya yang begitu penting untuk mendinginkan komponen seperti radiator, water pump, overflow tank, kipas pendingin, dan beberapa komponen lainnya.

 

Perlu diketahui:

  • Kerusakan coolant temperature sensor yang tidak ditangani bisa menyebabkan kerusakan komponen mesin lainnya.
  • Beberapa mobil mempunyai sensor tambahan untuk memperlihatkan suhu mesin kepada pengemudi melalui tampilan di area speedometer

 

Tips dari kami:

Jika Anda merasakan adanya gejala kerusakan pada coolant temperature sensor, segera lakukan inspeksi untuk mencegah kerusakan komponen mesin lainnya. Kerusakan lain yang mungkin terjadi adalah munculnya asap hitam atau black smoke dari kipas pendingin akibat tidak sempurnanya pembakaran karbon. Ketika muncul asap hitam tandanya besar kemungkinan coolant temperature sensor mengalami kerusakan. Jika seringkali mengabaikan asap hitam ini, maka kemungkinan terjadinya over heating akan semakin besar. Ditambah lagi over heating akan merusak sistem mesin dan menyebabkan mobil Anda mogok saat sedang dikendarai. Untuk itu, disarankan agar Anda segera menghubungi mekanik kami untuk mendapatkan servis dan perbaikan.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti coolant temperature sensor:

  • Lampu cek engine menyala
  • Kipas pendingin / cooling fan berputar secara abnormal
  • Suara mesin abnormal saat mobil sedang posisi diam
  • Mesin overheat  

 

Seberapa penting servis ini?

Coolant temperature sensor yang rusak dapat mengganggu kinerja beberapa sistem dan komponen mesin. Pertama, sensor akan memberi informasi yang salah untuk menyalakan atau menghentikan kipas pendingin / cooling fan berputar. Akibatnya komputer tidak akan bisa memutuskan waktu perputaran kipas sehingga bisa overheat dan motor cooling fan / kipas pendingin bisa rusak. Kedua, rasio komposisi bahan bakar dan udara akan menjadi salah, dan hal ini akan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang boros. Selain itu, coolant sensor juga berfungsi memastikan suhu komponen mesin lain berada pada titik yang tepat. Jika kerusakan terjadi, maka coolant sistem tidak akan bisa mendinginkan komponen yang terlampau panas sehingga menyebabkan kerusakan yang mengganggu kinerja mesin.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS