Ganti Cylinder Head Temperature Sensor DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Cylinder Head Temperature Sensor Mobil

Tentang ganti cylinder head temperature sensor:

Cylinder head temperature sensor terdapat pada mobil yang tidak mempunyai coolant temperature sensor. Sesuai dengan namanya cylinder head temperature sensor atau sering disingkat CHT adalah sensor yang memonitor temperatur kepala silinder. Pada saat suhu mesin mobil dingin, agar bisa distarter mesin mobil membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Disinilah peran cylinder head temperature sensor menjadi penting. Proses bekerjanya adalah informasi suhu mesin dari sensor ini akan diproses oleh ECU atau electronic control unit mobil untuk mengatur jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk starter mobil. Selain itu informasi ini juga digunakan untuk mengontrol sistem EGR (exhaust gas recirculation) dan timing mesin. Cylinder head temperature ini memiliki sifat kerja yang sama dengan temperature sensor, hanya saja kerja cylinder head temperature jauh lebih kompleks dan akurat daripada temperature sensor.

 

Perlu diketahui:

  • Mekanik kami akan menunggu mesin mobil Anda dingin sebelum melakukan servis ini. Mesin yang panas dapat melukai tangan.
  • Jika Anda mengalami masalah mesin yang panas, jangan langsung menyentuh bagian tersebut. Biarkan mesin dingin terlebih dahulu.

 

Tips dari kami:

Cylinder head temperature sensor seharusnya bertahan sangat lama, tapi kadang-kadang komponen ini bisa rusak secara tiba-tiba karena faktor eksternal. Jika Anda menduga komponen ini bermasalah, sebaiknya segera panggil mekanik yang berpengalaman karena memperbaiki sensor ini sulit. Selain itu, sangat penting untuk memahami bahwa kerusakan ini memiliki gejala yang mirip dengan kerusakan komponen lainnya. Sehingga ketika Anda bertemu gejala seperti check engine light yang menyala, segeralah melakukan konsultasi dengan mekanik kami untuk mencari tahu penyebabnya agar tidak ada salah diagnosa dan menyebabkan Anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk perbaikan yang tidak perlu.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti cylinder head temperature sensor:

  • Mobil harus distarter lama sebelum mesin bisa menyala, sering kali suara yang dihasilkan juga lebih berat daripada suara normalnya
  • Mesin terasa berat saat sedang melakukan akselerasi
  • Mesin akan sering mati ketika mobil berjalan pada suhu dingin
  • Check engine light menyala  

 

Seberapa penting servis ini?

Jika ada kerusakan pada cylinder head temperature sensor, ECU atau electronic control unit akan mendapatkan informasi yang salah tentang temperatur mesin. Hal ini bisa sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda secara keseluruhan. Kerusakan pada CHT ini dapat membuat mobil menjadi lebih lama untuk bisa distarter. Sehingga Anda akan menyadari mobil akan memakan waktu lebih lama untuk bisa menyala daripada biasanya. Hal ini bisa sangat menjengkelkan ditambah lagi kerusakannya dapat membuat mobil bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Jika Anda menemukan berbagai masalah pada cylinder head temperature sensor (CHT), sangatlah disarankan untuk langsung mengganti sensor tersebut atau setidaknya melaporkan masalah yang ada pada mekanik kami.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS