Ganti Disc Brake atau Piringan Rem DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Disc Brake atau Piringan Rem

Tentang ganti disc brake atau piringan rem:

Disc Brake adalah piringan rem cakram yang berputar dan menempel pada hub roda. Ketika Anda menginjak rem, maka kampas rem akan bergesekan dan menjepit disc brake dan hal ini akan memperlambat mobil Anda. Bagian yang menjepit cakram dinamakan caliper, yang fungsinya didorong oleh piston untuk menggerakkan brake pads pada cakram. Tidak semua mobil mempunyai disc brake. Mobil yang tua cenderung mempunyai rem tromol dibandingkan rem cakram. Seiring dengan pemakaian rem, disc brake atau piringan rem akan menjadi tipis. Jika disc brake sudah tipis maka pengereman mobil menjadi tidak maksimal. Disc Brake yang paling tahan terhadap panas pada umumnya terbuat dari bahan keramik yang biasanya digunakan pada kendaraan-kendaraan balap.

 

Perlu diketahui:

  • Disc brake atau piringan rem selalu diganti sepasang. Jika Anda mengganti disc brake kiri depan, maka disc brake kanan depan Anda juga akan diganti.
  • Biasanya umur disc brake 2 kali lebih lama daripada umur kampas rem. Rata-rata disc brake bisa dipakai sebanyak 60.000km.
  • Disc brake memiliki penghantar panas yang lebih baik.
  • Disc brake rentan rusak jika sering terkena air seperti pada saat musim hujan karena kotoran dan pasir yang menempel pada piringan rem dapat mengurangi fungsi cakram.
  • Perawatan piringan rem mobil relatif mudah dilakukan tetapi harus rutin diperiksa karena berhubungan dengan keselamatan pengguna dan penumpang kendaraan.

 

Tips dari kami:

Pengecekan disc brake sangat disarankan dilakukan setahun sekali atau setiap penggantian kampas rem. Pada saat ini, ketebalan disc brake Anda harus dicek. Jika ketebalan disc brake sudah dibawah ketebalan yang seharusnya, maka komponen ini sebaiknya langsung diganti dengan yang baru. Biasanya umur disc brake 2 kali lebih lama daripada umur kampas rem. Rata-rata disc brake bisa dipakai sebanyak 60.000 kilometer.

Selain itu, lakukan pengecekan rutin terhadap minyak rem untuk memastikan fungsi rem bekerja dengan sempurna. Jika sering berkendara pada saat musim hujan, usahakan untuk selalu membersihkan disc brake dengan air mengalir.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti disc brake atau piringan rem:

  • Getaran di pedal rem pada saat melakukan pengereman
  • Warna disc brake (piringan) seperti terbakar atau aus
  • Baret kasar pada disc brake
  • Karet sil di caliper rusak karena kering dan sudah berumur, biasanya akan ditemukan retak pada karet yang kering
  • Disc brake yang sudah tipis akibat tidak adanya penggantian secara rutin
  • Piringan cakram yang bergelombang akibat penggunaan pedal rem yang ditekan dan juga dilepaskan secara berulang

 

Seberapa penting servis ini?

Penggunaan disc brake merupakan sistem keamanan terbaik dalam hal pengereman, sehingga Disc brake menjadi salah satu sparepart yang berperan penting dalam proses pergerakan mobil. Disc brake yang masih baik dapat dirasakan saat melakukan pengereman. Saat menekan pedal rem, pengereman kendaraan akan terasa pakem jika dibandingkan dengan yang sudah mulai mengalami kerusakan. Jika disc brake atau piringan rem mobil Anda sudah tipis, maka pengereman menjadi tidak maksimal. Hal ini bisa membahayakan Anda dan penumpang lainnya.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS