Ganti Drive Shaft atau Axle Shaft DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Drive Shaft atau Axle Shaft

Tentang ganti drive shaft atau axle shaft:

Drive shaft atau axle shaft adalah komponen dalam sistem transmisi yang membuat roda berputar. Salah satu ujung poros drive shaft terhubung ke sistem transmisi dan ujung lainnya terhubung ke roda. Pada saat mobil berjalan, sistem transmisi akan memutar drive shaft, dan drive shaft akan memutar roda. Jarak serta sudut joint antara differential dan roda akan berubah mengikuti perubahan sudut yang terjadi antara bagian bodi mobil terhadap permukaan dan bentuk medan jalan selama mobil bergerak. Jika drive Anda shaft rusak, roda tidak akan berputar dan mobil tidak akan bergerak. Drive shaft atau axle shaft mempunyai 4 komponen: shaft, CV joint, grease, dan boot CV joint. Kerusakan yang paling sering terjadi pada drive shaft adalah karena boot CV yang bocor dan mengeluarkan grease. Dan karena grease keluar, CV joint menjadi tidak terlumasi dengan baik. Akibatnya seluruh sistem drive shaft bisa menjadi aus dan rusak.

 

Perlu diketahui:

  • Mobil Anda mempunyai lebih dari 1 drive shaft atau axle shaft, tapi biasanya hanya 1 drive shaft yang perlu penggantian.
  • Jika salah satu komponen drive shaft atau axle shaft rusak, maka sebaiknya seluruh drive shaft diganti dengan yang baru.
  • Kerusakan pada drive shaft bukan kerusakan biasa yang bisa dikerjakan sendiri. Membutuhkan tenaga ahli untuk memperbaikinya karena berhubungan erat dengan transmisi mobil.

 

Tips dari kami:

Pada saat Anda melakukan servis besar (servis berkala kelipatan 40.000 km), mekanik kami akan memeriksa drive shaft atau axle shaft mobil Anda. Biasanya melalui pengecekan visual saja, mekanik kami akan tahu kondisi drive shaft Anda. Jika terdapat grease yang berlumuran didekat roda Anda, berarti ada kebocoran dari boot CV joint mobil. Selain itu jika Anda mendengar adanya bunyi "klik" saat Anda memutar setir, ada kemingkinan drive shaft atau axle shaft Anda bermasalah dan butuh perbaikan. Mekanik kami memahami dengan baik mengenai kerusakan drive shaft, terlebih jika kerusakan mempengaruhi transmisi mobil Anda.

  

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti drive shaft:

  • Timbul bunyi dari bagian depan atau belakang mobil saat belok, bunyi dapat berupa seperti besi yang dipukul, suara berderak, ataupun sekedar suara bising
  • Mobil bergetar secara intens saat dikendarai, bunyi ini berasal dari bagian bawah mobil. Getaran ini dapat mempengaruhi kinerja komponen mobil lainnya.

 

Seberapa penting servis ini?

Peran drive shaft sangatlah penting untuk pengoperasian mobil. Drive shaft atau axle shaft menghubungkan transmisi ke roda mobil Anda. Ketika Anda menginjak pedal gas, roda gigi transmisi akan memutar drive shaft, yang kemudian memutar roda. Jika drive shaft atau axle shaft rusak, maka roda tidak akan berputar karena stimulasi perintah perubahan gigi tidak tersampaikan. Akibatnya mobil tidak akan bisa digunakan sama sekali.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS