Ganti Kabel Shifter DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Kabel Shifter

Tentang ganti kabel shifter:

Tuas transmisi mobil Anda terhubung ke sistem transmisi melalui kabel shifter. Kabel ini berperan penting dalam sistem transmisi agar perpindahan transmisi sesuai dengan gigi yang dipilih dan diaplikasikan pengemudi. Biasanya mobil dengan transmisi otomatis hanya memiliki satu kabel, sedangkan mobil dengan transmisi manual memiliki dua kabel. Kabel shifter ini berbentuk mirip seperti ujung kabel rem yang dimiliki sepeda motor. Pemakaian kabel shifter yang bersifat mekanis ini akan membuat kabel mengalami keausan, sehingga Anda akan menemukan beberapa jenis kerusakan tentunya dengan masa pemakaian tertentu.

 

Perlu diketahui:

  • Biasanya mobil dengan transmisi manual lebih sering mengalami masalah pada kabel tuas transmisi dibandingkan mobil dengan transmisi automatic.
  • Kerusakan pada shift interlock solenoid memiliki gejala yang mirip dengan kerusakan pada kabel tuas transmisi. Sehingga mintalah mekanik Anda untuk mengecek keduanya untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi.
  • Kerusakan kabel shifter dan shift interlock solenoid dapat membuat kunci mobil tertahan di lubang kunci, biasanya kunci akan terlepas pada posisi Park di transmisi.
  • Kabel shifter yang mengalami “stretching” biasanya tertarik ke arah dimana kabel tidak akan bisa bergerak ke posisi yang tepat dan menyebabkan kesalahan pembacaan perpindahan gigi.
  • Mobil dengan transmisi otomatis dilengkapi dengan park-neutral safety switch, yang memanfaatkan kabel tuas transmisi untuk menjaga transmisi mobilpada saat berada di posisi Park (P) atau Neutral (N).  

 

Tips dari kami:

Setiap kali Anda melakukan servis yang mencakup servis transmisi pastikan mekanik Anda mengecek kondisi kabel tuas transmisi. Jika tuas transmisi Anda susah untuk digerakkan ada kemungkinan kabel tuas transmisi Anda mengalami kerusakan. Saat gejala-gejala ini muncul, panggil mekanik kami agar masalah transmisi Anda bisa langsung diperiksa. Jika kerusakan muncul saat Anda akan mematikan mobil, cobalah menggoyang kunci agar kunci bisa keluar dan mobil Anda bisa dimatikan. Begitupun dengan tuas transmisi agar digerak-gerakkan untuk memindahkan kabel tuas transmisi yang terlampu “macet” dan tidak bisa melakukan perpindahan gigi.

  

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti kabel shifter:

  • Tuas transmisi tidak dapat dipindahkan atau digerakkan dari posisi semula
  • Tuas transmisi perlu di goyang-goyang untuk melakukan perpindahan transmisi/gigi
  • Mobil tidak bisa dimatikan karena kunci tidak bisa dikeluarkan sama sekali
  • Saat mobil menyala, transmisi tidak berada pada indikator Park (P) atau Neutral (N)

 

Seberapa penting servis ini?

Kabel shifter yang rusak dapat menyebabkan ketidaknyamanan besar bagi pengemudi dan jika rusak, kendaraan Anda tidak akan bisa beroperasi sampai diperbaiki. Kerusakan kabel shifter ini akan membuat perintah perpindahan persneling tidak tersampaikan. Akibatnya mobil bahkan tidak akan bisa bergerak karena tidak mengalami perpindahan gigi. Jika Anda mendapatkan adanya gejala masalah ini, panggil mekanik kami agar mobil Anda diinspeksi secepatnya.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS