Ganti Master Kopling Atas DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Master Kopling Atas

Tentang ganti master kopling atas:

Pada master kopling atas mobil, terdapat tabung reservoir yang menyimpan minyak rem atau minyak kopling. Master kopling atas terletak menempel pada mobil dekat, bahkan bersebelahan dengan booster rem mobil. Master silinder kopling terhubung dengan master kopling bawah melalui selang dan pipa. Ketika Anda menekan pedal kopling, minyak rem atau minyak kopling akan mengalir dari master kopling atas dengan tekanan tinggi ke master kopling bawah melalui selang untuk menerapkan tekanan yang diperlukan untuk membebaskan kopling. Master kopling yang mengalami kerusakan akan mengakibatkan perpindahan gigi atau perpindahan percepatan menjadi sulit.

 

Perlu diketahui:

  • Pada saat master kopling atas diganti, sebaiknya master kopling bawah juga diganti dengan yang baru, karena biasanya kerusakan dari 2 komponen ini berkaitan.
  • Minyak kopling yang ada pada master kopling atas dan bawah tidak lain dari minyak rem. Namun banyak orang menyebut minyak rem ini sebagai minyak kopling karena letaknya didalam master kopling.
  • Mobil dalam keadaan kotor dapat menyebabkan master kopling rusak, sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Posisi master kopling yang terletak di bawah rawan dengan kotoran yang menempel.
  • Usahakan segera membersihkan master kopling ketika melewati jalan berlumpur atau setelah berkendara melewati hujan
  • Piston dan juga seal yang telah aus juga dapat mengganggu kinerja master kopling atas.
  • Kinerja master kopling atas dan master kopling bawah tidak dapat dipisahkan. Karena tekanan yang dihasilkan master kopling atas akan menekan master kopling bawah. Keduanya bergerak untuk memastikan gardu kopling bergerak dan menekan clutch cover.

 

Tips dari kami:

Minyak kopling pada umumnya sebaiknya diganti setiap 40.000 km. Jika Anda merasa adanya kejanggalan saat Anda menginjak pedal kopling (misalnya pedal kopling terasa ringan), pastikan Anda meminta mekanik Anda periksa master kopling atas dan bawah Anda. Selain itu, setiap kali Anda melakukan servis mobil, pastikan mekanik Anda memeriksa level minyak kopling yang ada di master rem. Jangan lupa juga memastikan bahwa garpu kopling berada dalam keadaan utuh dan berfungsi dengan baik.

  

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti master kopling atas:

  • Pedal kopling bisa diinjak sampai habis
  • Minyak rem bocor di sekitar pedal kopling
  • Mobil terasa susah untuk pindah gigi

 

Seberapa penting servis ini?

Master kopling atas memastikan kopling Anda bisa bekerja saat pedal kopling ditekan. Jika master kopling atas Anda bocor, maka master kopling bawah tidak akan bisa menampung minyak kopling atau minyak rem dalam jumlah yang diperlukan, dan akibatnya tidak akan ada tekanan yang cukup dari minyak kopling untuk mengaplikasikan kopling. Ditambah lagi tekanan yang dihasilkan dari master kopling atas termasuk kepada tekanan tinggi, walau perpindahan tekanan dari master kopling atas ke master kopling bawah sudah diatur oleh mesin itu sendiri.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS