Ganti Master Kopling Bawah DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Master Kopling Bawah

Tentang ganti master kopling bawah:

Fungsi master kopling bawah adalah untuk menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan tekanan ini untuk mengaplikasikan kopling. Master kopling bawah terletak menempel dengan persneling depan. Pada master kopling bawah terdapat seal internal dan eksternal, dan biasanya masalah yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada seal ini. Jika seal eksternal mengalami kerusakan, master kopling bawah Anda akan bocor dan mengurangi jumlah minyak kopling di dalam mobil. Kerusakan seal biasanya tidak jauh dari masalah keausan, sehingga diperlukan pengecekan berkala untuk melihat keausan seal ini. Dapat dilakukan pada saat servis besar mobil. Kerusakan seal ini akan menyebabkan malfungsi pada kopling mobil Anda.

 

Perlu diketahui:

  • Master kopling bawah dan master kopling atas adalah dua komponen yang berkaitan. Oleh karena itu, jika salah satu dari komponen ini rusak, Anda sangat disarankan untuk mengganti kedua-duanya sekaligus.
  • Master kopling bawah yang rusak tidak akan bisa diperbaiki dan hanya bisa diganti dengan yang baru.
  • Mobil dalam keadaan kotor dapat menyebabkan master kopling rusak, sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Posisi master kopling yang terletak di bawah rawan dengan kotoran yang menempel.
  • Usahakan segera membersihkan master kopling ketika melewati jalan berlumpur atau setelah berkendara melewati hujan. Posisi master kopling bawah membuatnya langsung berhadapan dengan dampak jalanan yang kurang baik, sedikit berbeda dengan master kopling atas.
  • Piston dan juga seal yang telah aus juga dapat mengganggu kinerja master kopling bawah.
  • Proses pengoperasian master kopling atas dan master kopling bawah tidak dapat dipisahkan. Karena tekanan yang dihasilkan master kopling atas akan menekan master kopling bawah. Keduanya bergerak untuk memastikan gardu kopling bergerak dan menekan clutch cover.

 

Tips dari kami:

Penggantian minyak kopling sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km, tapi setiap mobil Anda diservis, mekanik Anda sebaiknya mengecek jumlah dan kondisi minyak kopling yang ada di master kopling. Selain itu pastikan Anda menyampaikan keluhan dari pemakaian kopling Anda kepada mekanik Anda agar pengecekan bisa menjadi maksimal.  

  

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti master kopling bawah:

  • Pedal kopling bisa diinjak sampai habis
  • Minyak rem bocor di sekitar pedal kopling
  • Mobil terasa susah untuk pindah gigi

 

Seberapa penting servis ini?

Master kopling bawah berperan penting dalam sistem pengoperasian kopling Anda. Jika master kopling bawah Anda bocor, maka silinder tidak akan bisa menampung minyak kopling dalam jumlah yang diperlukan, dan mobil Anda tidak mempunyai minyak kopling yang cukup untuk mengaplikasikan kopling. Ketidakmampuan master kopling bawah menampung minyak kopling dikarenakan tekanan yang dihasilkan master kopling atas cukup tinggi terhadap master kopling bawah untuk bisa mengaktifkan kinerja kopling mobil dan akibatnya kopling Anda akan menjadi tidak berfungsi.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS