Ganti Motor Fan Radiator DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Motor Fan Radiator

Tentang ganti motor fan radiator:

Motor fan radiator adalah motor yang menggerakkan fan radiator agar bisa berputar untuk mendinginkan radiator. Pada saat mesin mobil Anda memanas, air radiator atau coolant akan bekerja untuk mendinginkan mesin mobil Anda. Seiring waktu, coolant ini akan menjadi panas dan perlu didinginkan. Saat inilah coolant akan mengalir balik kedalam radiator dan didinginkan oleh fan radiator yang berputar. Jika motor fan radiator tidak bekerja, radiator akan tetap panas karena semakin lam suhu akan meningkat dan ini akan menyebabkan mesin mengalami overheat.

 

Perlu diketahui:

Motor fan radiator memang mempunyai umur yang lama, namun karena lingkungan kerjanya yang sangat panas, komponen ini bisa saja rusak. Sehingga walaupun masa pemakaian bisa sangat lama, tidak ada salahnya jika dilakukan pengecekan setiap penggantian air radiator atau servis kipas radiator. Jika mesin mobil Anda mengalami overheating dan tidak ada suara fan yang bekerja, maka kemungkinan motor fan radiator Anda rusak. Jangan lupa bahwa beberapa kerusakan komponen mobil memiliki gejala-gejala yang mirip satu sama lain. Untuk diagnosa yang lebih akurat, sebaiknya kerusakan ini diperiksa langsung oleh mekanik yang berpengalaman.

 

Tips dari kami:

Pada saat motor fan radiator diganti sebaiknya kipas atau fan radiator juga diperiksa kondisinya. Karena motor fan radiator ini berfungsi menggerakkan kipas, sehingga kerusakan salah satu mempengaruhi kinerja yang lainnya. Begitu pun setiap kali mekanik Anda melakukan servis pada sistem pendinginan mobil, sebaiknya mekanik Anda juga mengecek kondisi motor fan radiator. Pada saat melakukan pengecekan terhadap motor fan radiator, mekanik kami akan menempelkan test pen untuk melihat apakah ada aliran listrik pada soket motor fan radiator. Jika tidak ada aliran listrik yang terlihat pada pen, maka besar kemungkinan motor fan radiator mobil anda mengalami kerusakan. Tentu saja tes ini harus dilakukan dengan menyalakan mobil beserta AC secara normal untuk melihat pengaliran listrik. Perlu diketahui bahwa jika mobil Anda mengalami overheat, masalah ini belum tentu terjadi karena motor fan radiator yang rusak. Gejala over heat pada mobil bisa disebabkan pula oleh kerusakan pada komponen lain selain masalah pada motor fan radiator. Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya mintalah kepada mekanik Anda untuk melakukan pengecekan mendalam terhadap masalah ini.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti motor fan radiator:

  • Mesin overheat
  • Lampu cek engine menyala
  • Lampu peringatan temperatur menyala
  • Blown fuse pada kipas  

 

Seberapa penting servis ini?

Jika motor fan radiator rusak, maka tidak ada kipas yang mendinginkan suhu radiator. Akibatnya suhu radiator dan mesin akan terus meningkat dan hal ini bisa menyebabkan mesin overheat. Motor fan radiator juga sering kali mengalami kerusakan pada bagian brush yang sudah aus atau rotor yang hangus terbakar karena pemakaian. Sehingga diperlukan penggantian brush yang sudah tipis serta rotor ini, jika terlalu lama dibiarkan mobil akan rusak begitupun komponen radiator tidak berfungsi sama sekali.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS