Ganti Oli Transfer Case DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Oli Transfer Case

Tentang ganti oli transfer case:

Penggantian oli transfer case adalah bagian dari servis berkala. Transfer case adalah sparepart transmisi yang hanya ada pada mobil 4WD atau AWD. Fungsi transfer case adalah menyalurkan tenaga mesin ke roda sesuai dengan kebutuhannya. Di dalam transfer case terdapat oli transfer case yang berfungsi untuk membantu menjaga gigi tetap berputar lancar. Oli transfer case ini harus diganti secara periodik untuk menjaga performa transfer case. Penggantian oli transfer case disarankan untuk dilakukan setiap 40.000 kilometer. Pada bagian bawah transfer case terdapat seal oli yang berhubungan dengan output shaft mobil, keduanya berguna untuk mencegah oli keluar. Sehingga jika terjadi kerusakan pada transfer case seperti tergores hinggapada seal oli, maka oli dapat merembes dan menggenang.

 

Perlu diketahui:

  • Pada saat pengecekan transfer case, jika level oli transfer case rendah, maka hal ini berarti ada suatu kebocoran pada transfer case.
  • Pemasangan gasket yang salah juga mempengaruhi pergerakan transfer case. Gasket yang tidak pada posisinya akan menimbulkan merambatnya oli dari transfer case.
  • Suara berdengung yang timbul dikarenakan gigi-gigi yang yang bertabrakan diakibatkan kekurangan oli yang seharusnya memberikan pelumasan di transfer case.

 

Tips dari kami:

Salah satu hal penting saat melakukan servis trnasger case adalah sebaiknya penggantian oli transfer case dilakukan setiap 40.000 km. Setiap kali transfer case Anda dicek, oli transfer case Anda juga harus diperiksa kondisi dan warnanya. Mintalah kepada mekanik Anda untuk melakukan pengecekan komponen lain saat melakukan servis seperti clearance, shift fork, juga pegas penahan tuas. Pemeriksaan ini akan mencegah terjadinya kerusakan pada dan oleh transfer case mobil Anda.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti oli transfer case:

  • Oli transfer case terlihat kotor
  • Mobil tidak bisa berpindah gigi
  • Timbul suara seperti gemuruh dari bagian transfer case

 

Seberapa penting servis ini?

Transfer case mempunyai peran yang penting dalam sistem transmisi mobil. Untuk beroperasi dengan baik, transfer case harus dilumasi dengan sempurna dengan oli transfer case. Jika oli transfer case terkontaminasi atau bocor, maka transfer case tidak akan terlumasi dengan baik dan bisa rusak. Kerusakan yang ditimbulkan pada transfer case dapat dikarenakan pada garpu pemindah gigi, shift road sudah rusak atau mengalami keausan. Karena berfungsi pada pergerakan sistem transmisi mobil, transfer case harus dirawat setiap kali pemeriksaan dan servis rutin mobil. Pada pegas penahan tuas yang kurang kuat akan mengakibatkan kesulitan pengoperasian transfer case. Dengan kurangnya kekuatan penahannya tuas dapat berpindah posisi sendiri saat terjadi guncangan. Pemeriksaan kualitas oli juga sangat penting pada servis ini. Oi yang kurang kental akan mengakibatkan gesekan garpu pada saat berkendara, jumlah yang tidak pas juga mengakibatkan hal yang sama dan berefek pada penyaluran oli.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS