Ganti Proportioning Valve atau Combination Valve DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Proportioning Valve atau Combination Valve

Tentang ganti proportioning valve atau combination valve:

Pengoperasian rem Anda bisa terjadi karena pengaturan tekanan pada minyak rem mobil Anda. Saat Anda menginjak pedal rem, master rem mengirimkan minyak rem dengan tekanan tinggi untuk menggerakkan kaliper dan kampas rem. Disinilah peran combination valve atau proportioning valve menjadi penting. Combination valve atau proportioning valve berfungsi untuk mengontrol pembagian tekanan pada minyak rem, serta untuk mengurangi tekanan minyak rem di pipa rem belakang.

Jika ada kerusakan pada combination valve atau proportioning valve maka pengoperasian dan kinerja rem akan menjadi bermasalah dan tidak efektif. Proportioning valve ini juga bekerja ketika melakukan rem mendadak. Pada saat rem mendadak beban akan menumpu pada bagian depan mobil yang memiliki mesin di bagian depan. Saat ini pulalah katup penyeimbang ini bekerja untuk membagi tenaga pengereman.

 

Perlu diketahui:

  • Minyak rem yang kotor dapat menyebabkan kerusakan pada combination valve atau proportioning valve.
  • Combination valve atau proportioning valve tidak bisa diservis, hanya bisa diganti dengan yang baru.
  • Jika Anda ingin memeriksa secara manual, proportioning valve terletak diantara roda depan sebelah kanan dan kiri.
  • Proportioning valve cenderung mengalirkan minyak rem pada roda dengan beban yang paling ringan. Mobil dengan mesin yang terletak pada bagian depan akan lebih sering mengunci roda bagian belakang ketika pengereman dilakukan.
  • Cara kerja proportioning valve tidak bisa lepas dari tekanan yang terjadi pada master cylinder baik itu tekanan rendah maupun tekanan tinggi.

 

Tips dari kami:

Seluruh sistem rem Anda harus dicek paling lama 1 tahun sekali untuk memastikan komponen rem masih dalam kondisi yang baik. Pastikan minyak rem Anda bersih, karena hal ini mempengaruhi kondisi combination valve atau proportioning valve. Menyetir dengan combination valve yang rusak sangat berbahaya, karena beban pada gaya pengereman roda belakang tidak berkurang. Hal ini menjadi acuan keselamatan bagi Anda dan penumpang lainnya. Untuk memastikan kinerja proportioning yang baik, mintalah mekanik Anda memeriksa master cylinder pada rem. Kerusakan pada master cylinder juga mempengaruhi kinerja proportioning valve

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti combination valve:

  • Rem belakang mengunci dengan mudah, terutama di jalan basah
  • Terjadi bantingan kekanan atau kiri ketika menggunakan rem karena ketidak seimbangan penyaluran minyak rem

 

Seberapa penting servis ini?

Combination valve atau proportioning valve memastikan minyak rem bekerja dengan tekanan yang seharusnya. Tekanan ini diatur dengan sistem hidrolik untuk membagi tekanan yang muncul pada roda kendaraan Anda. Jika combination valve tidak berfungsi, maka pengoperasian rem akan menjadi terhambat dan kurang efektif. Hal ini bisa membahayakan Anda dan penumpang lainnya. Jika Anda menemukan masalah pada combination valve, sangat disarankan komponen ini untuk langsung diganti untuk mencegah terjadinya kegagalan rem Anda.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS