Ganti Relay Fan Radiator DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Relay Fan Radiator

Tentang ganti relay fan radiator:

Relay fan radiator berfungsi untuk mengirim tenaga sebesar 12 volt ke kipas atau fan radiator agar kipas tersebut bisa berputar dan mendinginkan radiator. Pada saat suhu air radiator atau coolant mulai panas, coolant temperature sensor akan mengirim sinyal ke ECU, lalu ECU akan mengirim sinyal ke relay fan radiator yang bertugas untuk mengaktivasi fan radiator. Lalu fan radiator akan terus berputar sampai suhu mesin turun. Jika relay fan radiator bermasalah, fan radiator bisa berputar saat tidak diperlukan. Sebaliknya, pada saat diperlukan ada kemungkinan fan radiator tidak berputar. Jika ini terjadi, maka tidak akan ada pendinginan mesin sehingga menjadi sangat panas dan bisa menyebabkan overheat dan mobil pun akan mengalami mogok.

 

Perlu diketahui:

  • Fan radiator bisa bekerja dan berputar walaupun mesin mobil dalam kondisi mati.
  • Beberapa mobil mempunyai dua fan radiator yang diatur dengan dua relay fan radiator yang berbeda.
  • Servis kipas dapat dilakukan setiap mobil menempuh jarak antara 30.000 km hingga 60.000 km.

 

Tips dari kami:

Relay fan radiator adalah komponen elektrikal mobil yang dibuat untuk bertahan sangat lama. Tapi, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa relay fan radiator bisa menjadi rusak. Jika temperatur mesin Anda naik menjadi terlalu panas atau fan radiator berhenti bekerja, ada kemungkinan relay fan radiator Anda rusak. Pastikan hal ini dengan mekanik profesional kami agar masalah ini bisa ditindaklanjuti dengan cepat. Perhatikan pula bahwa setiap kali Anda ingin melakukan pengecekan relay fan radiator sendiri, tunggulan hingga mesin dingin agar bagian-bagian mesin yang panas tidak melukai tangan Anda. Kerusakan pada bagian radiator lain seperti temperature sensor dapat membuat kipas radiator tidak berfungsi dengan baik. Mintalah kepada mekanik Anda untuk memeriksa bagian-bagian radiator yang berhubungan dengan kinerja kipas radiator.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti relay fan radiator:

  • Suhu mesin lebih tinggi dari biasanya
  • AC tidak berfungsi
  • Fan radiator berputar terus menerus
  • Ada suara berderak ketika kipas berputar  

 

Seberapa penting servis ini?

Relay fan radiator berperan penting untuk mengontrol temperatur mesin. Jika relay fan radiator rusak, maka ada kemungkinan fan radiator tidak berputar saat mesin sedang panas. Akibatnya suhu mesin akan menjadi panas dan bisa overheat. Maka dari itu, perbaikan sangatlah disarankan jika terdeteksi adanya kerusakan pada relay fan radiator. Kerusakan relay fan radiator juga bisa menyebabkan mesin over heat yang akan membuat mobil Anda tidak bisa distarter sebelum mesin mendingin. Setiap kali mesin panas, mobil akan mengalami overheat dan mengganggu kegiatan berkendara Anda. Dengan kata lain, jika tidak ada udara yang berputar pada mesin, maka proses pendinginan pun tidak pernah terjadi. Komponen-komponen yang rawan panas bisa rusak dan menyebabkan kerusakan pada komponen berbasis listrik juga. Oleh karena itu, jika ada kerusakan pada relay fan radiator, Anda sangat disarankan untuk mengganti relay ini segera.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS