Ganti Selang Radiator DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Selang Radiator

Tentang ganti selang radiator:

Selang radiator adalah selang yang berfungsi untuk mengirim coolant / air radiator yang panas dari mesin ke radiator untuk didinginkan. Pada saat proses pendinginan mesin mobil, air radiator akan mengalir dari radiator ke mesin. Seiring waktu, suhu air radiator / coolant akan menjadi panas dan perlu didinginkan. Disinilah peran selang radiator menjadi penting, dimana selang ini akan mengalirkan air radiator / coolant tersebut kembali ke radiator untuk didinginkan kembali. Selang radiator ada 2 jenis. Selang yang lebih besar menyirkulasikan air radiator / coolant, dan yang kecil mengalirkan coolant di sepanjang intake manifold. Selang radiator bekerja pada suhu yang cukup tinggi, karena itu selang ini terbuat dari material karet yang tahan panas. Meski begitu, selang ini bisa aus dengan seiringnya waktu dan perlu diganti.

 

Perlu diketahui:

  • Selang radiator mudah mengalami kerusakan dan menjadi retak. Tetapi pada umumnya kerusakan terjadi setelah waktu yang cukup lama.
  • Jika selang radiator sudah tidak elastis, biasanya selang ini menjadi terlihat bengkak
  • Pada tahap ini selang radiator menjadi sangat rentan terhadap benturan dan mudah retak.
  • Jangan menyalakan mesin saat memeriksa selang radiator. Selang akan sangat panas dan dapat melepuhkan tangan Anda. Tunggulah hingga mesin mendingin sekitar 30 menit lalu Anda dapat memeriksa selang dengan tangan kosong.

 

Tips dari kami:

Setiap kali mobil Anda servis rutin, mekanik Anda sebaiknya juga memeriksa kondisi air radiator dan selang radiator untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada kedua komponen ini. Sebagai tindakan pencegahan, selang radiator sebaiknya diganti setiap 5 tahun sekali agar fungsi radiator tetap bekerja secara maksimal. Periksa jugalah bagian sambungan selang radiator dengan tabung dan bagian lainnya, kerusakan yang terjadi pada sambungan ini juga akan mengakibatkan kerusakan yang sama dengan kerusakan pada selang maupun tabung radiator coolant. Untuk mengecek adanya kerusakan pada selang Anda dapat menekan bagian selang, jika terasa seperti ada suara “krek” saat ditekan maka besar kemungkinan untuk Anda harus mengganti selang radiator.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti selang radiator:

  • Indikator temperatur di dashboard menunjukkan temperatur yang tinggi
  • Air radiator / coolant berkurang atau habis
  • Adanya genangan air radiator / coolant di lantai
  • Mobil overheat  

 

Seberapa penting servis ini?

Jika selang radiator rusak, maka fungsi pendinginan mobil tidak akan maksimal. Hal ini bisa menjadi resiko terhadap rusaknya mesin karena overheating. Karena itu, sangatlah penting bahwa selang radiator tetap berfungsi dengan kondisi baik. Kerusakan kecil pada selang juga akan membuat air radiator cepat terkuras, akibatnya pun akan menjalar kepada komponen mobil lainnya. Artinya, tidak akan ada pendinginan terhadap mesin-mesin yang terlalu panas, sehingga panas menyebabkan komponen-komponen tersebut tidak bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS