Ganti Sepatu Rem atau Brake Shoes DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Sepatu Rem atau Brake Shoes

Tentang ganti sepatu rem atau brake shoes:

Brake shoe atau sepatu rem hanya ditemukan di roda belakang mobil yang memiliki sistem rem drum atau rem tromol. Brake shoe terbuat dari bahan asbes yang telah dicampur pula dengan beberapa bahan lain berupa tembaga, keramik bahkan juga kuningan sehingga lebih kuat dan tahan lebih lama. Ketika Anda menginjak pedal rem, brake shoe akan didorong oleh hidrolik dan menekan bagian dalam drum. Gesekan yang terjadi antara brake shoe dan drum akan membuat kecepatan berkurang sehingga pengereman mungkin terjadi. Saat inilah energi yang dihasilkan akan diubah menjadi panas dan menghilang karena dihantarkan oleh rem tromol. Panas yang dihasilkan akibat pergesekan terhadap tromol ini dapat menghasilkan suhu antara 200° - 300° celcius, sehingga dibutuhkan brake shoe dan tromol yang kuat. Sepatu rem biasanya memiliki umur yang lebih panjang sehingga bisa dipakai dua kali lebih lama daripada kampas rem atau brake pad.

 

Perlu diketahui:

  • Penggantian brake shoes selalu dilakukan secara sepasang
  • Kerusakan brake shoes kadang bisa disebabkan oleh rusaknya rem tromol dan wheel cylinder Anda. Jadi ada kemungkinan rem tromol dan wheel cylinder (silinder roda) Anda perlu penggantian.
  • Penghantaran panas pada rem tromol tidak begitu maksimal seperti jenis rem cakram sehingga memungkinkan terjadinya overheat

 

Tips dari kami:

Masalah yang sering terjadi pada brake shoes atau sepatu rem adalah adanya banyak kotoran yang menempel pada komponen ini. Oleh karena itu, servis rem sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan. Pada saat ini, rem tromol dan sepatu rem akan dicek kondisinya. Jika ketebalan dan kondisi sepatu rem masih baik, maka rem Anda hanya akan dibersihkan menggunakan brake cleaner untuk mempertahankan kinerja rem. Sebagai tindakan pencegahan brake shoes mobil Anda sebaiknya diganti setiap 15.000 - 20.000 kilometer agar sistem pengereman Anda tetap bekerja dengan maksimal. Selain itu, pastikan sistem rem Anda tidak terkena pelumas atau cairan yang bersifat licin karena hal ini bisa mengganggu performa rem.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti sepatu rem atau brake shoes:

  • Suara bising dari rem belakang
  • Rem parkir tidak pakem
  • Mobil bergetar saat pengereman terjadi
  • Overheat yang diakibatkan gesekan brake shoe dan tromol
  • Kecepatan pengereman pada mobil berkurang secara signifikan
  • Rem terasa kaku saat pedal diinjak
  • Mobil terasa limbung ke kiri atau kanan saat melakukan pengereman

 

Seberapa penting servis ini?

Servis terhadap sistem keamanan kendaraan adalah prioritas utama saat berkendara, termasuk sistem brake shoe atau sepatu rem yang sangat penting dalam pengoperasian rem tromol. Jika brake shoe atau sepatu rem mengalami kerusakan, maka pengereman akan menjadi tidak efektif. Akibatnya, hal ini bisa meningkatkan resiko mengemudi dan membahayakan penumpang mobil. Servis rem dan brake shoe harus dilakukan secara rutin untuk menjamin pergerakan mobil yang efektif.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS