Ganti Silinder Master Rem DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Silinder Master Rem

Tentang ganti silinder master rem:

Silinder master rem pada mobil merupakan bagian dari sebuah sistem rem yang memiliki fungsi untuk mengubah tekanan pedal rem untuk menjadi tekanan minyak. Dinamakan mekanisme gerak torak yang terjadi pada bagian silinder. Prosesnya, silinder master rem mengandung minyak rem dan terhubung ke rem melalui pipa-pipa dan selang rem. Ketika Anda menginjak pedal rem, minyak rem mengalir dari silinder master rem ke brake caliper setiap roda. Brake caliper lalu akan menekan kampas rem agar bergesekan dengan disc brake. Hal inilah yang menyebabkan kecepatan mobil melambat. Silinder master rem memiliki seal internal dan eksternal yang dapat aus dari waktu ke waktu. Jika seal pada silinder master rem rusak, maka sistem pengereman Anda akan menjadi bermasalah dan tidak efektif.

 

Perlu diketahui:

  • Kerusakan pada silinder master rem kadang-kadang menyebabkan kerusakan pada brake booster. Jika hal ini terjadi, kedua sparepart disarankan untuk diganti.
  • Pada saat silinder master rem diganti, minyak rem Anda juga akan dikuras dan diganti dengan yang baru.
  • Ada dua jenis master silinder, tunggal dan ganda. Master silinder ganda memiliki 2 piston didalamnya, sehingga jika terjadi kerusakan pada satu silinder maka silinder lain masih dapat berfungsi. Berbeda dengan silinder tunggal yang hanya memiliki satu piston saja.
  • Salah satu tanda kerusakan awal pada master silinder adalah ketika bagian dalam silinder disentuh akan terasa kasar diakibatkan oleh karat.

 

Tips dari kami:

Setiap kali mobil Anda diservis pastikan level minyak rem Anda dicek. Jika minyak rem Anda sering kali berkurang, atau jika Anda merasakan kejanggalan saat menginjak pedal rem, segera panggil mekanik kami untuk mengecek silinder master rem dan pipa rem mobil Anda. Pada umumnya, Anda akan melihat lampu peringatan rem yang menyala pada dashboard jika level minyak rem Anda sudah menjadi sangat rendah. Lakukan juga penggantian semua part secara menyeluruh jika ditemukan karat pada dinging master silinder rem.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti silinder master rem:

  • Pedal rem blong
  • Lampu peringatan rem menyala
  • Kebocoran minyak rem di bawah mobil
  • Mobil membanting ke kanan maupun ke kiri ketika pedal rem diinjak
  • Karet seal aus, biasanya diakibatkan gesekan dengan dinding silinder yang telah berkarat pada bagian permukaan

 

Seberapa penting servis ini?

Silinder master rem memastikan minyak rem bisa terkirim ke brake caliper saat rem diaplikasikan. Jika ada kerusakan pada silinder master rem, maka minyak rem bisa bocor ataupun bisa mampet didalam master rem. Jika ini terjadi, maka pengaplikasian rem akan menjadi tidak efektif. Rem tidak berfungsi dan dapat mengakibatkan mobil membanting ke arah kiri maupun kanan ketika pedal rem diinjak. Akibatnya, hal ini bisa membahayakan Anda dan penumpang lainnya.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS