Ganti Solenoid Perpindahan Transmisi DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Solenoid Perpindahan Transmisi

Tentang ganti solenoid perpindahan transmisi:

Solenoid dalam sistem transmisi memungkinkan Anda untuk memindahkan transmisi saat mobil di rem. Shift interlock solenoid memastikan Anda tidak dapat memindahkan transmisi tertentu tanpa terlebih dahulu menginjak rem. Beberapa perpindahan transmisi yang harus disertakan dengan rem adalah perpindahan dari gigi P (Park) ke D (Drive) dan R (Reverse), lalu dari gigi N (Neutral) ke R (Reverse) dan gigi R (Reverse) ke P (Park). Ketika pedal rem diinjak, solenoid menerima sinyal yang akan melepaskan kunci mekanis pada transmisi dan memungkinkan transmisi untuk dipindahkan. Sebagai tambahan, Solenoid hanya terdapat pada mobil-mobil modern saja. Perawatan solenoid tidaklah sulit dilakukan karena tidak membutuhkan perawatan yang rutin, tetapi seiring waktu tentu akan ada masalah yang muncul pada komponen ini.

 

Perlu diketahui:

  • Masalah pada komponen transmisi lain kadang bisa menimbulkan gejala yang sama dengan masalah pada solenoid transmisi. Untuk diagnosa yang lebih akurat, transmisi mobil Anda harus dicek langsung oleh mekanik kami.
  • Ketika release button shifter dilepas dan shiter dapat digerakkan, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada interlock solenoid Anda.
  • Biasanya mobil modern memiliki shift interlock solenoid, dan perbaikan komponen ini memiliki harga yang berbeda-beda tergantung jenis mobilnya.
  • Kerusakan pada shift interlock solenoid ini memang tidak menimbulkan masalah keamanan yang serius, tetapi dapat menjengkelkan ketika mobil Anda tidak bisa digunakan sama sekali akibat kerusakan yang terjadi

 

Tips dari kami:

Solenoid perpindahan transmisi tidak perlu maintenance atau perawatan karena komponen ini dibuat untuk bertahan sepanjang umur mobil Anda. Namun, jika tuas transmisi Anda tidak bisa dipindahkan, maka kemungkinan ada suatu masalah pada solenoid transmisi Anda. Jika ada masalah pada tuas transmisi Anda, segeralah jadwalkan inspeksi untuk mencegah masalah yang lebih dalam. Hubungilah segera mekanik kami untuk mengecek apakah baterai aki mobil Anda juga mati. Dalam beberapa kasus kerusakan shit interlock solenoid ini dapat disebabkan oleh baterai yang sudah mati padahal fungsi interlock solenoid masih dapat bekerja dengan baik.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti solenoid perpindahan transmisi:

  • Transmisi tidak akan pindah dari posisi P (Parkir)
  • Kunci tidak bisa keluar dari lubang kunci

 

Seberapa penting servis ini?

Kerusakan dari solenoid perpindahan transmisi tidak akan menyebabkan bahaya terhadap Anda dan penumpang mobil, tapi kendaraan Anda tidak akan dapat digunakan dalam perpindahan gigi jika shift interlock solenoid sedang rusak. Jika interlock solenoid mobil Anda rusak, maka penggantian harus langsung dilakukan agar mobil bisa beroperasi dengan normal. Solenoid berupa gulungan silinder yang terbuat dari kawat logam serta membawa arus listrik. Solenoid pula yang menerima sinyal dari pedal rem, sehingga perbaikannya harus segera dilakukan untuk membuat kendaraan Anda dapat kembali beroperasi seperti biasa. Kerusakan ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lain jika tidak segera diatasi.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS