Ganti Tabung Air Radiator atau Coolant DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Tabung Air Radiator atau Coolant

Tentang ganti tabung air radiator atau coolant:

Tabung reservoir air radiator berfungsi untuk menampung muaian coolant / air radiator. Coolant atau air radiator berfungsi sebagai cairan pendingin yang menjaga temperatur mesin agar tetap stabil. Coolant mengalir didalam radiator mesin. Pada proses mendinginkan temperatur mesin, coolant akan memuai akibat panasnya suhu coolant dan tingginya tekanan coolant itu sendiri. Pada saat ini coolant akan mengalir menuju tabung reservoir untuk didinginkan sebelum mengalir ke radiator kembali. Tabung coolant sendiri terbuat dari plastik dan biasanya mudah ditemukan ketika membuka kap mobil, sehingga penggantian cairan coolant bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Untuk hasil terbaik, menggunakan air radiator yang khusus adalah kewajiban. Untuk menjaga keberlangsungan proses kerja radiator coolant ini, jangan pernah menggunakan air mineral karena mineral dan asam yang dikandung dapat membuat kerak dan tumpukan mineral pada radiator.

 

Perlu diketahui:

  • Jangan pernah membuka tabung reservoir air radiator saat mesin dalam keadaan panas karena suhu air radiator biasanya sangat panas saat mesin sedang atau baru beroperasi.
  • Biasanya tabung ini terbuat dari material yang kuat dan tahan lama. Sehingga biasanya kerusakan yang terjadi pun dikarenakan masa pemakaian yang lama dan sudah berumur tua.
  • Untuk menjaga kondisi mesin Anda, jangan pernah menggunakan air mentah atau air mineral sekalipun. Mintalah kepada mekanik kami untuk memilih air coolant terbaik untuk sistem pendingin mobil Anda. Penggunaan jenis cairan yang salah dapat menyebabkan kerusakan dan menghambat proses kerja mesin mobil Anda.
  • Sebagai tambahan, jika mobil Anda mengalami overheating segeralah matikan mesin mobil Anda dan jangan membuka tutup radiator, biarkan mesin dingin kemudian cek bagian radiator dan coolant.

 

Tips dari kami:

Tabung reservoir air radiator biasanya bersifat tahan lama, dan jarang rusak. Tapi jika ada kerusakan pada tabung ini, sebaiknya penggantian langsung dilakukan untuk mencegah kebocoran air radiator. Kerusakan kecil seperti retak dapat membuat cairan coolant cepat habis, sehingga mengakibatkan mobil cepat mengalami overheat dan membutuhkan penambahan air coolant yang tidak normal. Jika Anda merasakan adanya kejanggalan pada tabung reservoir air radiator Anda, segera hubungi mekanik kami jika Anda menemukan masalah seperti ini terjadi pada mobil Anda.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti tabung air radiator atau coolant:

  • Tabung reservoir coolant atau air radiator bocor
  • Cairan coolant atau air radiator bocor ke tanah saat mesin panas
  • Mesin overheat  

 

Seberapa penting servis ini?

Tabung reservoir coolant merupakan bagian penting dalam sistem pendingin mobil. Jika tabung reservoir bocor dan coolant keluar, maka cairan coolant yang bersirkulasi dalam radiator akan berkurang dan mesin bisa mengalami overheat. Kerusakan yang mungkin terjadi pada tabung reservoir coolant, seperti retak atau bocor akan lebih mudah diidentifikasi karena letaknya yang mudah dijangkau. Jika Anda melihat kerusakan pada tabung ini, harap langsung dilakukan pengecekan untuk mencegah masalah lebih lanjut pada mesin mobil.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS