Ganti Transmission Position Sensor DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Transmission Position Sensor

Tentang ganti transmission position sensor:

Produsen mobil telah mengembangkan sistem keselamatan pada kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis yang disebut transmission position sensor. Sensor ini berfungsi untuk memotong arus ke listrik ke motor starter jika mobil tidak di posisi Parking atau Netral. Mobil tidak akan bisa dihidupkan selain di posisi tersebut. Hal ini dibuat untuk keamanan dan keselamatan pengemudi dan orang di sekitarnya.

 

Perlu diketahui:

  • Untuk memastikan kejanggalan terjadi karena kerusakan sensor ini, mekanik kami harus melihat dan mengecek mobil Anda secara langsung.
  • Limp mode adalah mode dimana ketika melakukan perpindahan gigi, transmisi mengunci pada satu transmisi saja. Hal ini diakibatkan PCM tidak dapat memerintahkan pergantian gigi karena informasi yang masuk tidak terbaca.
  • Penguncian gigi pada satu transmisi ini terjadi untuk menghindari resiko berkendara atau untuk alasan keamanan, tentu saja terjadi hanya saat kerusakan pada transmission position sensor saja.
  • Limp mode ini biasanya mengunci pada gigi 3, 4 dan juga 5.
  • Transmission position sensor sering disebut transmission range sensor (TRS). TRS ini selalu dikaitkan dengan neutral safety switch atau sistem keamanan yang terjadi hanya pada posisi transmisi Netral (N) atau Park (P)

 

Tips dari kami:

Transmission position sensor biasanya jarang mengalami kerusakan, tapi seperti komponen elektrikal lainnya, sensor ini bisa mengalami kegagalan dan rentan rusak terhadap beberapa hal selayaknya komponen elektrikal. Untuk mengetahui jika ada kerusakan pada sensor ini cukup mudah. Jika mobil Anda bisa distarter di transmisi selain P (Park) atau D (Drive) maka kemungkinan besar ada kerusakan pada transmission position sensor Anda. Segera perhatikan juga apakah perpindahan transmisi mobil sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jika terjadi perbedaan perpindahan transmisi saat melakukannya, hubungilah mekanik kami untuk segera melakukan pemeriksaan. Kemungkinan besar kerusakan terjadi pada transmission position sensor.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti transmission position sensor:

  • Mobil tidak bisa di starter sama sekali
  • Mesin hanya dapat di starter dalam posisi Netral atau Parking saja
  • Perpindahan transmisi mobil tidak mulus dan menyebabkan pemilihan perpindahan transmisi tidak sesuai dengan yang diinginkan
  • Mobil tidak bertenaga ketika digunakan dan berada pasa mode “limp”

 

Seberapa penting servis ini?

Jika mobil Anda dapat di starter pada saat masuk gigi, artinya ada kemungkinan transmission position sensor mobil Anda rusak. Jika ini terjadi, mobil Anda berpotensi untuk melukai orang atau merusak properti disekitarnya. Transmission position sensor mobil yang rusak harus diganti segera. Selain itu, kerusakan total yang terjadi pada sensor ini akan mengakibatkan Powertrain Control Module (PCM) tidak dapat membaca sama sekali input perpindahan transmisi, walaupun transmisi sudah digerakkan berulang-ulang. Artinya mobil Anda sama sekali tidak akan bisa bergerak. Oleh karena itu servis ini sangat penting dilakukan tentu saja untuk pengoperasian kendaraan.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS