Ganti Transmission Speed Sensor DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Transmission Speed Sensor

Tentang ganti transmission speed sensor:

Transmission speed sensor adalah sensor magnetik yang menghitung jumlah putaran transmisi mobil Anda. Informasi ini lalu dikirim ke unit kontrol transmisi dimana data ini aka digunakan untuk menentukan kecepatan putaran transmisi. Jika kecepatan putaran terlalu tinggi, maka transmisinya harus dipindahkan ke gigi yang lebih tinggi. Dengan adanya transmission speed sensor inilah perpindahan transmisi mobil Anda bisa berjalan dengan lancar. Ada dua jenis sensor yang menyalurkan informasi yang akurat pada Powertrain Control Module (PCM). Yang pertama adalah Input Shaft Speed (ISS) dan Output Shaft Speed (OSS). ISS berfungsi untuk memonitor kecepatan pada transmisi input shaft, sedangkan OSS berfungsi untuk memonitor transmisi output shaft. Jika kedua sensor kecepatan ini mengalami kerusakan maka hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem operasi keseluruhan transmisi.

 

Perlu diketahui:

  • Ada kemungkinan mekanik kami perlu membuka engine mounting mobil Anda untuk mengakses sensor ini.
  • Transmission speed sensor hanya bisa diganti, dan tidak bisa diservis ketika sudah rusak.
  • Ada komponen lain pada mobil yang bisa menimbulkan gejala yang sama dengan kerusakan transmission speed sensor.
  • Kerusakan pada transmisi speed sensor ini juga mempengaruhi lampu check engine, sehingga sering mengakibakan lampu ini menyala. Namun, beberapa kerusakan pada komponen mobil lain dapat pula mengakibatkan hal yang sama. Sehingga pengecekan lebih detail perlu dilakukan.

 

Tips dari kami:

Transmission speed sensor bukanlah komponen yang perlu perawatan berkala ataupun penggantian dengan interval tertentu. Transmisi Speed sensor juga mempengaruhi sistem cruise control mobil Anda (jika ada). Ketika speed sensor ini tidak menyampaikan data dengan tepat, maka Powertrain Control Module (PCM) akan mengirimkan kode error pada ECU yang mengakibatkan kematian pada cruise control. Jika Anda merasakan adanya kejanggalan dalam perpindahan transmisi, segeralah jadwalkan pengecekan terhadap sistem transmisi Anda.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti transmission speed sensor:

  • Perpindahan transmisi tidak lancar
  • Transmisi tidak bergeser ke gigi yang lebih tinggi
  • Speedometer dan / atau odometer tidak bekerja
  • Cruise control tidak dapat bekerja

 

Seberapa penting servis ini?

Jika transmission speed sensor rusak, unit kontrol transmisi tidak akan dapat menentukan kecepatan yang sebenarnya, dan ini dapat membuat perpindahan gigi sulit atau bahkan tidak bisa. Transmisi pada umumnya dikendalikan secara hidrolik dan didesain untuk bergerak dengan lembut dan mulus. Tetapi jika pergerakannya sudah terasa keras, maka sudah saatnya Anda melakukan servis sebelum mengganggu kinerja kendaraan Anda. Kerusakan pada sensor ini sebaiknya jangan dianggap enteng. Jika komponen ini rusak, sebaiknya pemeriksaan terhadap komponen ini cepat dilakukan agar transmisi mobil Anda bisa kembali berfungsi normal.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS