Ganti Tutup dan Rotor Distributor DI LOKASI ANDA

Servis mobil di lokasi Anda • Lebih hemat 30% dari bengkel • Layanan bergaransi.

Ganti Tutup dan Rotor Distributor

Tentang ganti tutup dan rotor distributor:

Tutup dan rotor distributor adalah komponen utama dalam distributor. Saat mesin mobil berjalan, ignition coil atau koil akan menghasilkan tegangan tinggi dan dikirim distributor. Rotor distributor lalu akan berputar, membuat percikan bunga api, dan membagikan percikan itu ke tiap busi melalui kabel busi. Lalu busi menggunakan percikan tersebut untuk membakar bahan bakar, dan karena inilah mobil Anda bisa tetap berjalan. Tutup dan rotor distributor merupakan komponen yang harus dijaga kebersihannya, dengan melakukan inspeksi kebersihan dapat menjaga dan memperpanjang masa pemakaian tutup dan rotor distributor mobil Anda. Perhatikan pula apakah ada kerusakan kabel, bekas terbakar biasanya berwarna hitam pada sambungan tutup dan rotor distributor secara visual untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak.

 

Perlu diketahui:

  • Ketika tutup dan rotor distributor Anda diganti, seluruh sistem starter Anda juga sebaiknya diperiksa.
  • Terkadang tutup distributor juga mengalami kerusakan sehingga mengganggu kinerja distributor. Mintalah kepada mekanik untuk mengganti tutup distributor jika sudah rusak.
  • Pastikan bahwa distributor bersih dari kotoran dan jangan biarkan distributor lembab karena akan merusak fungsi distributor

 

Tips dari kami:

Setiap kali Anda melakukan servis berkala, sebaiknya sistem starter dan pengapian mobil Anda selalu diperiksa. Periksa juga apakah busi bisa bekerja dengan baik karena permasalahan tutup dan distributor sangat erat kaitannya dengan busi (Spark Plug). Perlu diketahui bahwa beberapa gejala yang terjadi pada kerusakan tutup dan rotor distributor ada yang mirip dengan kerusakan komponen lainnya. Jadi hal ini tidak bisa dianggap sepele karena jika salah diagnosa maka mobil Anda tidak akan bisa diperbaiki dan biaya perbaikan akan membesar. Selain itu, sebaiknya Anda jangan memeriksa distributor sendiri dengan menyalakan mesin tanpa mengetahui proses kinerja karena distributor juga mengalirkan tenaga listrik yang tinggi. Jika Anda mendapatkan suatu masalah atau hambatan saat menstarter mobil, segera jadwalkan pengecekan untuk mencegah kerusakan yang lebih dalam.

 

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti tutup dan rotor distributor:

  • Mobil sama sekali tidak bisa distarter atau membutuhkan waktu lama untuk bisa distarter
  • Timbul suara abnormal dan bising pada mesin mobil
  • Lampu cek engine menyala
  • Mesin macet sehingga terkadang hidup dan tiba-tiba mati

 

Seberapa penting servis ini?

Jika rotor distributor dan tutup distributor rusak, tegangan dari ignition coil atau koil tidak akan didistribusikan ke busi, dan mesin Anda akan mengalami masalah saat berjalan. Bahkan ada kemungkinan mobil Anda tidak akan berjalan sama sekali jika distributor Anda bermasalah. Salah satu penyebab kerusakan pada tutup dan rotor distributor adalah kendaraan begitu dinyalakan langsung dikendarai. Atau dengan temperatur yang dingin mobil dinyalakan dan langsung digunakan dapat merusak tutup dan rotor distributor. Hal lain yang umum terjadi adalah distributor tidak bisa mendistribusikan bunga api ke seluruh sirkuit, sehingga mesin tidak bisa menyala pada kondisi ini. Segeralah menghubungi mekanik kami jika permasalahan seperti ini muncul pada mobil Anda.

PESAN SEKARANG

Apakah artikel ini membantu?

POPULAR SERVICES
CAR WASH DETAILS
HAND WAX DETAILS
OIL CHANGE DETAILS
BATTERY REPLACEMENT DETAILS